Webinar "Penjaminan Mutu dalam Pemanfaatan dan Pengolahan Plasma Konvalesen"
27 July 2020 | 16:58 WIB | Oleh. Admin CPOB

Jakarta, 2 Juli 2020, Ditwasprod mengadakan Webinar "Penjaminan Mutu dalam Pemanfaatan dan Pengolahan Plasma Konvalesen"
Kegiatan ini diikuti oleh UPT BPOM, Unit Transfusi Darah PMI, Perwakilan Rumah Sakit di seluruh Indonesia dan dibuka dengan sambutan ibu Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif.

Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa Webinar ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan pegawai Badan POM dalam melakukan pendampingan terhadap UTD dan untuk menjadikan standar dalam penyediaan Plasma Konvalesen.
Narasumber dalam Webinar ini, yaitu:
1. Dr. Teguh Triyono, dr., M.Kes., Sp.PK (K) dengan materi Penggunaaan Plasma Konvalesen untuk Terapi Covid-19,
2. Dr. Dra. L. Rizka Andalucia, M.Pharm., Apt. dengan materi Rekomendasi dan Petunjuk Teknis Penggunaan Plasma Konvalesen,
3. Dr. dr. Ria Syafitri, M.Biomed dengan materi Implementasi Protokol Pengolahan Plasma Konvalesen di UTD PMI..

Plasma Konvalesen cukup menjanjikan untuk pengobatan Covid-19. Saat ini uji klinik sedang dilakukan untuk mendapatkan dosis, data khasiat dan keamanan dari plasma konvalesen. Proses penjaminan mutu terhadap plasma konvalesen tetap harus dilakukan untuk mendapatkan produk yang aman.
Kolaborasi sinergi antar Institusi, Kementerian dan Lembaga perlu terus ditingkatkan dan kerjasama dari semua pihak untuk mengobati Covid-19.

Sumber : Instagram @ditwasprod