RAPAT KOORDINASI PUSAT DAN BALAI POM DALAM MANAJEMEN INSPEKSI CPOB TAHUN 2021 - 23-25 FEBRUARI 2021
29 April 2021 | 15:08 WIB | Oleh. Admin CPOB

Rapat Koordinasi Pusat dan Balai POM dalam Manajemen Inspeksi CPOB merupakan kegiatan yang sangat penting dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan Badan POM. Salah satu tugas pengawasan adalah melakukan inspeksi mulai dari perencanaan yang matang berdasarkan risk based approached, pelaksanaan pengawasan yang didukung oleh sistem yang mapan yaitu sistem yang berkaitan erat dengan bagaimana pelaksanaan sistem mutu yang konsisten diterapkan dalam hal pelaksanaan inspeksi, penentuan tindak lanjut serta pemeliharaan terhadap kompetensi Inspektur CPOB itu sendiri.

Implementasi sistem mutu dengan prinsip dasar konsistensi dan perbaikan berkesinambungan (continual improvement) harus diterapkan dalam pelaksanaan pengawasan. Sistem mutu Inspektorat CPOB merupakan salah satu landasan bagaimana fungsi pengawasan terhadap sarana produksi obat dilaksanakan secara konsisten dan pentingnya peran manajemen puncak inspektorat CPOB bertanggung jawab untuk me-review implementasi sistem mutu secara periodik, untuk memastikan kesesuaian, kecukupan dan keefektifan sistem yang ada.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 menjadi tantangan dalam melaksanakan pengawasan sarana produksi obat. Di satu sisi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak terhadap berkurangnya pelaksanaan inspeksi CPOB secara on-site, namun di sisi yang lain kebutuhan terhadap inspeksi CPOB semakin tinggi seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap obat-obatan yang aman, berkhasiat, dan berkualitas khususnya obat-obatan untuk penanganan Covid-19. Untuk itu, pada Mei 2020 mulai dilakukan inspeksi CPOB secara daring atau disebut dengan istilah desktop inspection.

Namun, inspeksi CPOB melalui desktop inspection memiliki banyak keterbatasan, di antaranya tidak dapat menggambarkan kondisi fasilitas di lapangan, risiko data fraud lebih tinggi, dan tidak dapat dilakukan secara unnanounced. Sehingga diperlukan solusi dalam melakukan pengawasan sarana produksi obat secara efektif di tengah pandemi sebagai bentuk continual improvement inspektorat CPOB.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pusat Dan Balai Pom Dalam Manajemen Inspeksi CPOB juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi inspektur CPOB melalui sesi diskusi bersama Tenaga Ahli CPOB Nasional untuk membahas pertanyaan dan permasalahan terkait implementasi CPOB yang belum terjawab pada Pedoman CPOB 2018 dan Buku Q&A Implementasi Pedoman CPOB 2018. Diharapkan kegiatan ini dapat sebagai sarana komunikasi antara BPOM Pusat dan Balai Besar POM untuk menguatkan pengawasan dalam hal kebijakan maupun teknis pelaksanaan inspeksi CPOB.