Sosialisasi Aplikasi Elektronik E-Sertifikasi Sebagai Wujud Komitmen Badan POM Menuju E-Government
15 December 2017 | 21:04 WIB | Oleh. Master

Perkembangan teknologi dan informasi merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Berbagai instansi pemerintah berlomba untuk membangun sistem pelayanan yang publik yang cepat dan terintegrasi. Saat ini, Badan POM telah melakukan pengembangan aplikasi e-sertifikasi untuk Persetujuan Denah dan Permohonan Sertifikasi CPOTB/CPKB yang bertujuan untuk memberkan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam proses perizinan serta memudahkan Badan POM dalam melakukan pengawasan Obat dan Makanan. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan e-Payment Badan POM – MPN G2 Kemenkeu sehingga pembayaran yang semula dilakukan secara manual, diubah menjadi secara online.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Elektronik Sertifikasi Sarana Produksi Obat Tradisional dan Kosmetik Online di salah satu hotel di Jakarta. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 4 Desember 2017 ini diikuti 80 peserta industri dan asosiasi pelaku usaha obat tradisional dan kosmetik serta unit kerja terkait.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasi aplikasi layanan sertifikasi CPOTB – CPKB berbasis web service yang tengah dikembangkan oleh Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen bersama dengan Pusat Informasi Obat dan Makanan. Acara dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen yang menyampaikan bahwa Badan POM terus berusaha meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi dalam rangka membangun sistem pelayanan publik yang cepat, terintegrasi, efisien, dan transparan bagi pelaku usaha.

Dalam acara ini, dipaparkan materi “Persetujuan RIP/Denah, Sistem Tata Udara, dan Sertifikasi sebagai Bentuk Pengawasan Badan POM” dan “Aplikasi e-Sertifikasi Salah Satu Wujud Komitmen Badan POM Menuju e-Government”. Peserta juga berkesempatan melakukan workshop uji coba aplikasi dan diskusi terkait permasalahan teknis pengoperasian aplikasi.

Diharapkan dengan kegiatan ini, pelaku usaha dapat memberikan masukan dalam rangka penyempurnaan aplikasi tersebut agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen